Rabu, 23 Februari 2011

TIPS TRIK CARA KURAS TANGKI MOTOR

CARA KURAS TANGKI MOTOR

Saat musim hujan seperti ini, paling males kalo motor mogok tengah malam pas hujan deras dan gara2 air masuk kekarburator gara2 bensin ditangki terkontaminasi air.
Makanya, minimal 3 bulan sekali tangki itu harus dikuras. Gak perlu susah2 ke bengkel, sendiri juga bisa kok.. Cuma 3 -4 jam doang.. daripada bengong maen PS or ngoprek2 BB.

Sedikit sharring deeh gimana caranya nguras tangki. Siapkan peralatan & bahan2 sebagai berikut: .
1. Ember besar.
2. Detergen/Sabun cuci baju
3. Batu apung kecil or gundu/kelereng yang banyak.
4. Air
5. Kunci pas 19
6. Tang
7. Sikat gigi/Sikat kawat
8. Rokok
9. Kopi
10. Pisang


Cara pengerjaan:

1. Lepas tangki dari motor. Hati2 pas lepas bagian belakang, kadang tejkanan dari belakang bikin bengkok dudukan tangki bagian depan yang kechasis.
2. Keluarkan bensin sampai habis, tampung di ember.

3. Buka keran bensin dgn menggunakan kunci 19 (atau lebih, tergantung ukuran baut).

4. Setelah bensin terkuras habis, masukkan air yang sudah dicampur dengan rinso dan gundu/kelereng/batu apung kecil sampai terisi 1/3 tangki.

5. tutup tangki bagian atas dan lubang bekas keran tutup dengan plastik dan diikat karet.

6. Kocok2 dan putar balik tangki hingga gundu bisa menjelajah seluruh isi tangki.

7. Buang isinya, kemudian masukkan air bersih dan kocok2 lagi.

8. Ulangi bilas dengan air bersih sampai 3 kali.

* fungsi gundu disini adalah mengelupaskan endapan2 lumpur, kerak dan karat yang mengendap didasar tangki.

9. Setelah itu, keringkan tangki dengan membuka tutup atas dan juga lubang keran.

10. Jemur dengan posisi awal lubang tangki menghadap kebawah.

11. Sambil menunggu, bersihkan keran bensin dengan menggunakan sikat gigi/sikat kawat. Hati2 dalam membersihkan, jangan sampai karet o-ring rusak.
Sebaiknya membersihkan dengan bensin sedikit dan bilas dengan air bersih.

12. Setelah itu jemur.

Lho, kopi, rokok dan pisang itu untuk apa?

Yaah daripada bengong nonton 3gp di HP, mendingan ngopi, ngerokok dan makan pisang goreng sambil nunggu tangkinya kering.

14. Setelah kira2 kering (agak lama, bisa 3-4 jam), pasang kembali ke motor. Ingat, jangan pernah masukkan kain kedalam tangki utk mengeringkan. Rontokkan kain akan berakibat serbuk endapan baru nantinya.
Caranya tau tangki dah kering atau belum? Tiup tangki dari lubang atas, jika angin keluar masih dingin tandanya dalam tangki belum kering.

Setelah semua proses selesai, isi kembali bensin, jangan sampai semua dari ember dimasukkan. Kira2 saja 3/4 ember. Setelah itu tutup dan ulangi proses ini setiap 3 -4 bulan.

Inget, kualitas bensin di Indonesia itu memprihatinkan. Jangan malas kuras tangki.
cp: kaskus

1 komentar: